Sistem Pengapian Magnet Motor

Sistem Pengapian Magnet Pemutus Arus platina
Sistem pengapian (ignition system) berfungsi menghasikan listrik bertegangan tinggi untuk menyalakan busi dan secara otomatis mesin motor akan bunyi. Ada beberapa sistem pengapaian pada sepada motor salah satunya adalah sistem pengapian magnet dengan pemutus arus platina.

Magnet yang digunakan pada sistem ini berfungsi juga sebagai roda penerus, sehingga disebut juga Flywheed Magneto. Rotor sebagai tempat magnet dipasang pada poros engkol, bila rotor berputar maka garis-garis gaya magnetnya berupah dan akan mengalir ke arus listrik pada koil.


Pada dasarnya sistem pengapian pada magneto (flywheed magneto) termasuk sistem pengapian AC (arus bolak balik). Pada sistem pengapian AC ini, koil penyalaan ditempat terpisah dengan rotor magnetnya seperti ditunjukkan pada gambar diatas. Hal ini memungkinkan  dapat dipasang pada koil penyalaan bekafasitas tinggi atau berkomprensi tinggi.


Rangkaian kabel-kabel sistem pengapian AC saat rotor berputar, bagian magneto berputur bagian magneto harus menghasikan bunga api pada busi di ahir langkah komprensi. Untuk itu magneto dikuntruksi sedemikian sehingga berkerja sinkron dengan platina (pemutus arus), kondeksor, dan koil pengapian.


Pehatikan gambar tampak bahwa titik kontak platina tertutup dan arus yang dihasilkan koil primer mengalir melalui kota platina itu, sehingga tidak mengpengaruhi koil penyalaan dan busi tidak menghasilkan bunga api. Tetapi ketika titik kontak platina terbuka, arus yang dihasilkan koil primer seketika akan mengalir ke  koil pengapian. Koil pengapian yang memiliki kumparan primer dan kumparan sekunder seketika mengindustri listrik menjadi bertgangan tinggi dan menghasilkan bunga api pada busi. Kondekser yang dipasang paralel  dengan platina, berfungsi mencegah terjadinya loncatan bunga api pad platina yang dapat menyebabkan platina terbakar (meleleh). disamping itu juga berfungsi untuk mempercepat pemutusan arus pada kumparan primer pada koil pengapian sehingga tenagangan induksi pada kumparan sekunder menjadi lebih tinggi.

Sepeda motor yang menggunakan sistem pengapian diatas umumnya sekaligus dilengkapi dengan rangkaian untuk mengisi aki. Dalam hal ini fungsi aki untuk penerangan dan istrumen seperti klakson, lampu tanda belok, dan istrumen lainnya. selain itu juga untuk digunakan menyalakan motor starter. pada siang hari arus dari koil lampu selain untuk mengisi aki sekaligus juga untuk penerangan.


Pemaju Pengapian ( spark advancer)
Sistem pengapia magneto pada umumnya dilengkapi dengan spark advancer yang dipasang pada rotor. Spark advancer bekerja secar otomatis mengubah-ubah saat pengapian pada setiap perubahan kecepatan mesin.

Adanya kelambatan setiap pengapian ketika mesin berkecepatan tinggi dapat ditanggulangi oleh spark advancer ini. Alat ini terdiri dua bobot gevernor dan dua pegas. Waktu kecepatan bertambah, bobot tersebut melempar keluar melawan pegas dan ini menyebabkan cam bertambah maju.

Salam otkmotif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Pengapian Magnet Motor"

Post a Comment