Sistem Kopling Pertama Dan Kopling Kedua

Kopling Pertama (Kopling Langsung)
Kopling psertama ditempatkan pada poros engkol dan terdiri menjadi tiga komponen yaitu:
1. Pasangan sepatu ( kanvas) kopling
2. Pemberat sentrifugal pegas pengembali dan,
3. Rumah kopling.
Pada putaran stasioner (putaran rendah), putaran poros engkol tidak diteruskan ke gigi pertama penggerak ( primary drive gear) maupun ke gigi pertama yang digerakkan (primary drive gear). Ini terjadi karena rumah kopling bebas ( tidak ikut berputar) terhadap kanvas, pemberat, dan pegas oengembali yang terpasang pada poros engkol.

Pada saat putaran mesin rendah (stasioner), gaya sentrifugal dan kanvas kopling, pemberat menjadi kecil hingga sepatu kopling terlepas dari rumah kopling dan ditarik ke arah poros engkol. Akibatnya rumah kopling yang berkaitan dengan gigi pertama penggerak menjadi bebas terhadap poros engkol.

Saat putaran mesin bertambah, gaya setrifugal semakin besar sehingga dapat mendorong kanvas kopling mencapai rumah kopling. Rumah kopling ikut berputar dan meneruskan ke tenaga gigi pertama yang digerakkan.

Kopling Kedua ( Kopling Pemindah Gigi Persneling)

Perangkat kopling kedua ditempatkan bersama primary drive gear pada
poros center (countershaft) dan berhungan langsung dengan mekanisme pemindah gigi persneling.
Pada saat gigi persneling dipindahkan oleh pedal pemindah gigi, kopling kedua ini dibebaskan oleh penggerak poros pemindah (gear shifting shaft).Cara Kerja kopling seperti gambar dibawah ini:

Pada saat pedal pemindah dioporasikan, penuntun peluru yang berhubungan dengan poros pemindah juga akan ikut berputar memaksa peluru keluar dan mendorong penuntun peluru bagian luar ke arah A. Dengan terdorongnya penuntun peluru bagian luar ini akan menekan lengan pembebas. Lengan pembebas pada ujung lain akan menekan bantalan penekan (push piece) yang terpasang ujung poros counter ke arah B. Bantalan penekan akan menekan pegas kopling ( berbentuk piringan cembung) sehingga drive plate dan driven plate saling renggang dan memutuskan hubungan kopling kedua. Dengan bebasnya kopling kedua ini tenaga tidak dapat diteruskan dari primary driven gear ke poros ceunter, sehingga pemindahan gigi dapat dilakukan dengan lembut.


Salam Otomotif...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Kopling Pertama Dan Kopling Kedua"

Post a Comment